Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelindo I Siap Hadapi Lebaran 2016

Kompas.com - 05/06/2016, 14:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menyatakan kesiapannya dalam melayani angkutan Ramadhan dan Lebaran tahun 2016. Kesiapan ini dilakukan dengan pemantauan pada 8 cabang pelabuhan yaitu Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, Tembilahan.

“Kunjungan kapal penumpang akan mendapatkan prioritas sandar di terminal penumpang dan di luar terminal penumpang, jika ada kunjungan kapal secara bersamaan,” kata Fiona Sari Utami, ACS Humas Pelindo 1 dalam keterangan resmi, Minggu (5/6/2016).

Persiapan dan pembenahan fasilitas pendukung di seluruh terminal penumpang milik Pelindo 1 juga terus dilakukan, antara lain yang sudah dilakukan adalah pembenahan Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan.

“Fasilitas pelayanan Terminal Penumpang Bandar Deli saat ini sudah dilengkapi dengan dua unit garbarata, yang akan memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya,” jelas Fiona.

Selain itu, terminal penumpang ini juga sudah memiliki arsitek bangunan yang lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti, guesthouse, ruang tunggu VIP, ruang tunggu ekonomi, ruang ibu menyusui, balai kesehatan, ruang merokok, kantin, ruang kedatangan dan anjungan, ruangan shalat, kantin, toko cindera mata, toilet pria dan wanita, tanda bahaya, tata suara, pemadam kebakaran, alat penyelamat kecelakaan di air (pelampung serta fasilitas automatic gate.

Terminal penumpang Bandar Deli mampu menampung sebanyak 2.500 orang penumpang yang telah terkoneksi langsung dengan angkutan darat. Selain di Pelabuhan Belawan, Pelindo 1 juga melakukan pembenahan terminal penumpang di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun, yang meliputi renovasi pada ruang tunggu penumpang, penambahan koridor kanopi, dan fasilitas lainnya.

"Fasilitas Embarkasi dan Debarkasi juga disiapkan seperti dermaga khusus untuk kapal penumpang, gedung terminal penumpang dan ruang pengantar penjemput maupun ruang informasi, lapangan parkir kendaraan pengantar dan penjemput, serta rambu-rambu arah embarkasi/debarkasi penumpang,” jelas Fiona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com