Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Perkirakan Jumlah Sarana Transportasi Naik 3-5 Persen

Kompas.com - 07/06/2016, 05:30 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memperkirakan jumlah saranan tranportasi mudik lebaran tahun 2016 mulai dari darat, laut, dan udara naik 3-5 persen.

Itu dikarenakan penumpang transportasi umum pada mudik lebaran juga mengalami kenaikan 3-5 persen setiap tahunnya.

"Misalnya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jumlahnya 1.400-an, kereta api sekitar 1.400-an juga, pesawat udara 500 lebih, kapal laut sekitar 1.000 lebih," kata Jonan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/6/2016).

Jonan mengatakan Kementeriannya pada akhir pekan lalu sudah mulai memeriksa kelayakan satu persatur sarana ransportasi tersebut. Sehingga jika nantinya ada yang belum layak bisa diperbaiki sebelum puncak arus mudik.

"Kalau tidak bisa diperbaiki ya tidak boleh jalan, karena tujuan utama operasi lebaran bukan hanya memudahkan penumpang untuk mudik tapi kualitas transportasi," ucap Jonan.

Sebelumnya juga Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai melakukan pengecekan bus dalam rangka persiapan penyelenggaraan angkutan lebaran.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Sinaga mengungkapkan, ada sekitar 8.000 bus yang akan dicek di Jabodetabek.

Pemeriksaan kendaraan atau ramp check dilakukan mulai 6-24 Juni 2016. Tujuannya, untuk memastikan keselamatan angkutan umum jalan saat Lebaran nanti.

Pemeriksaan kendaraan meliputi pemeriksaan sistem penerangan, ban, alat kemudi, komponen pendukung (spidometer, spion, wiper, klakson), perlengkapan kendaraan (sabuk keselamatan, ban cadangan, dongkrak, pembuka roda. 

Kompas TV Yuk Ikuti Mudik Gratis Kemenhub

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com