Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri: Kecuali Daging Sapi, Harga Komoditas Lain Sudah Turun

Kompas.com - 08/06/2016, 19:02 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sudah memasuki puasa hari ke-3, fluktuasi harga sejumlah komoditas pokok masih menjadi masalah, khususnya melambungnya harga daging sapi, yang masih menjadi perhatian masyarakat.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat rapat kerja dengan Komisi IV mengatakan, jangan hanya harga daging yang dilihat karena masih ada komoditas lain yang harganya saat ini sudah turun, seperti beras, cabai, dan ayam.

"Sekarang tinggal daging. Daging ini memang tidak bisa selesai dalam waktu satu hari. Butuh waktu dan upaya khusus. Kami sudah lakukan. Baru saja kami rapat dengan Mendag, Menteri BUMN," sambung Amran.

"Peternak pagi tadi hubungi saya bahwa harga ayam sudah turun, hampir seluruh Pulau Jawa. Kemudian, bawang turun juga, minyak goreng juga," ujar Amran di Ruang Rapat Komisi IV DPR, Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Amran menambahkan, dalam menyelesaikan masalah ini, dibutuhkan solusi jangka pendek, yaitu operasi pasar (OP) besar-besaran, dan solusi jangka panjang berupa pemotongan rantai pasok.

Sementara itu, terkait bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, Mentan meyakinkan masyarakat bahwa stok di Indonesia mencukupi.

"Jika bicara soal stok, kita cukup. Seperti minyak goreng, stok 1,8 juta ton dengan kebutuhan 400.000 ton. Artinya, stok kita ada empat kali lipat. Kemudian ayam, stok ada 225.000 ton dengan kebutuhan 120.000 ton, tetapi kenapa kok ikut naik? Ini karena anomali. Jadi, kita perlu waktu untuk menata ini," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com