Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air Tinggalkan Bagasi Penumpang, Jonan Perintahkan Pemeriksaan

Kompas.com - 10/06/2016, 21:40 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memerintahkan inspektur angkutan udara untuk menindaklanjuti laporan masyarakat terkait kasus peninggalan bagasi penumpang oleh maskapai Wings Air.

"Saya sudah menugaskan inspektur angkutan udara untuk meriksa," ujar Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Ia sendiri belum bisa memastikan apakah laporan peninggalan bagasi penumpang di Bandara Lekunik, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur itu benar atau tidak.

Namun, bila laporan itu benar, maka Kementerian Perhubungan akan memberikan sanksi.

"Seharusnya bagasi itu ketentuan hak penumpang itu berapa, kalau enggak salah 20 kilogram." kata Jonan.

Sebelumnya, Lion Grup mengakui bahwa maskapai Wings Air dengan tujuan Rote Ndao melalui Bandar Udara Lekunik menuju Kupang melalui Bandar Udara Internasional El Tari dengan nomor penerbangan IW 1936, terpaksa tidak bisa mengangkut seluruh bagasi yang dibawa oleh penumpang pada Rabu (8/6/2016).

"Terdapat sebanyak 41 Koli atau 283 Kg barang penumpang yang tidak terangkut pada hari yang sama atau diturunkan dari pesawat dan telah diinformasikan ke penumpang," kata Public Relations Manager Lion Air Group Andy M Saladin.

Menurut ia, keputusan itu terpaksa diambil lantaran pesawat tidak bisa mengangkut seluruh bagasi yangb\ dibawa penumpang.

"Demi mengutamakan faktor serta aspek keselamatan dan keamanan penerbangan dan adanya beberapa hal yang menjadi catatan Pilot in Command (PIC)," tutur Andy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com