Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Landasan Pacu Ketiga Bandara Soetta Dibangun Mulai 2017

Kompas.com - 13/06/2016, 10:00 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) menjelaskan pihaknya akan memulai pembangunan tambahan landasan pacu, atau runway, ketiga di Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, pada awal 2017. AP II menargetkan pembangunan selesai dalam satu tahun.

"Awal 2017 dimulai, awal 2018 sudah selesai," ujar Direktur Utama AP II, Budi Karya Sumadi dalam simulasi operasional di Terminal 3, Bandara Soetta, Minggu (12/6/2016).

"Kalau kita menilik apa yang harus dibangun terlebih dahulu, sebenarnya runway menjadi prioritas, karena satu penerbangan take off-landing itu harus ada runway," ujar Budi.

Menurutnya, pada saat ini AP II sedang menyelesaikan tahapan pembebasan lahan dan ditargetkan bisa selesai dalam waktu dekat.

"Kami sekarang sedang pembebasan tanah," jelasnya.

Budi menambahkan, runway baru memang sudah menjadi prioritas AP II, karena untuk mengurangi kepadatan penerbangan yang ada.

"Kita tahu bahwa jujur di Soetta, take off dan landing berlangsung padat dan mengakibatkan antrian," kata Budi.

Dia mengungkapkan, saat ini pergerakannya 72 pesawat per jam. Untuk membuat terminal di Soetta tidak antri, pergerakan harus 100.

"Untuk itu, kami harus perbaiki dua landasan yang ada dan perbaikan landasan agar pesawat berbadan besar bisa landing di sini. Dan kami harus membangun runway ke-3," tambah Budi.

Kompas TV Terminal 3 Bandara Soetta Berkelas Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com