Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: Indonesia Harus Punya Poros Maritim Kuat

Kompas.com - 13/06/2016, 17:04 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menginginkan Indonesia mempunyai poros maritim yang kuat agar bisa menguasai lautan dunia.

Itu dikatakannya karena Indonesia mempunyai lautan yang luas, sehingga kesempatan untuk menguasai lautan dunia terbuka lebar.

Namun keinginan Rizal Ramli itu masih terhambat dengan Undang-undang (UU) yang belum sejalan dengan prinsip dari kemaritiman itu sendiri.

"UU kita masih banyak belum sinkron (sejalan), yang belum manfaatkan fungsi sosial, ekonomis, politik, keamanan. Ini harus dirumuskan dalam bentuk kebijakan," kata Menko Rizal di Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Menko Rizal mencontohkan pada Abad ke-6 penduduk Portugal 1 juta orang, jumlah nelayan kurang dari 100 ribu tetapi mereka bisa menguasai laut di Asia dan sebagian Afrika.

Selanjutnya, pada abad ke-19 giliran Spanyol bersama Inggris menguasai laut. Sedangkan pada abad 20 adalah abadnya Amerika Serikat untuk menguasai laut.

Menurut Rizal, pada abad 21 ini harusnya Asia yang menguasai laut dunia, termasuk Indonesia yang mempunyai lautan luas.

"Kita ingin negara maritim yang kuat dan mandiri. Siapapun yang akan menguasai laut akan menguasai dunia," ujar Menko Rizal.

"Kalau Indonesia ingin punya pengaruh penting di Asia, harus kuasai laut. Siapa yang tidak kuasai laut, nggak akan punya pengaruh ke perdagangan dan ekonomi dunia," pungkas Menko Rizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com