Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RUMA Bantu Masyarakat Memiliki Produk lewat Arisan

Kompas.com - 16/06/2016, 08:26 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA) mengenalkan produk untuk membantu masyarakat yang ingin memiliki suatu barang dengan sistem arisan yang dinamakan Arisan Mapan.

Chief Executive Officer (CEO) RUMA Aldi Haryopratomo mengatakan, Arisan Mapan ini dapat membantu masyarakat Indonesia memiliki produk dan layanan dengan menggalang kekuatan gotong royong masyarakat.

"Tujuan kita lihat anggota ibu-ibu banyak yang tidak mampu beli barang atau produk, dengan cara ini mereka bergotong-royong untuk mengumpulkan uang dan diberikan ke kita kemudian mereka langsung dapat barang tersebut," Kata Aldi, Rabu (15/6/2016) malam.

Aldi menjelaskan, dalam arisan tersebut harus memiliki ketua yang nantinya menawarkan produk atau barang kepada anggota. Setelah memilih produk anggota akan menyetor uang kepada ketua arisan sesuai dengan harga barang atau produk tersebut dan dengan jangka waktu sesuai anggota arisan.

Dengan mengumpulkan 4-15 anggota masyarakat bisa mengajukan untuk membuat Arisan Mapan ini.

"Kita juga sistemnya bayar di tempat atau cash on delivery (COD). Jadi uangnya dikumpulkan dulu baru beli barang ke kami. Selain itu, kami juga mengundinya pakai sistem sehingga tidak ada pilih kasih. Bisa mingguan, bisa bulanan, tapi rata-rata mingguan," ucap Aldi.

Menurutnya, RUMA percaya bahwa jika komunitas-komunitas yang sudah ada bersatu dalam sebuah wadah keanggotaan, maka wadah itu dapat membantu anggotanya dan bukan sekedar mencari keuntungan.

"Semakin banyak anggota kami, semakin bagus kualitas produk yang bisa kami berikan dengan harga yang semakin terjangkau," tutur Aldi.

Adapun barang atau produk yang disediakan RUMA juga mempunyai kualitas yang terbaik dan harganya jauh dibawah pasar. Itu dikarenakan RUMA mempunyai perusahaan rekanan seperti Maspion, Polytron, dan Quantum, sehingga bisa bernegosiasi dan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

"Pengajuan arisan ini baru bisa di daerah Pulau Jawa, Madura, dan Bali. Sebenernya kami ingin ekspansi ke Sumatera tapi kita fokus dulu di Jawa. Kami berharap dengan adanya Arisan Mapan ini bisa menumbuhkan ekonomi di Indonesia," pungkas Aldi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com