Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diundur Lagi, Peluncuran Satelit BRI Ditargetkan 18 Juni 2016

Kompas.com - 16/06/2016, 11:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaporkan perubahan jadwal peluncuran satelit BRIsat. Penundaan peluncuran diumumkan oleh Arianespace selaku perusahaan antariksa yang bertanggung jawab meluncurkan satelit perbankan pertama dunia tersebut menuju orbit.

Arianespace menunda peluncuran menjadi tanggal 17 Juni 2016 waktu Kourou, Guyana Perancis atau 18 Juni 2016 waktu Indonesia.

Penundaan terjadi karena adanya gangguan di koneksi umbilical dengan bagian atas peluncur.

Berdasarkan temuan ini, pihak manajemen Arianespace langsung melakukan perbaikan dan membutuhkan waktu sehari atau 24 jam untuk memastikan agar seluruh fungsi berjalan dengan baik.

CEO Arianespace Stephane Israel mengatakan, pihaknya harus memastikan semuanya aman sebelum satelit diluncurkan.

“Kondisi yang terjadi saat ini memang seperti itu. Namun, kami tetap harus memastikan, agar peluncuran roket Ariane 5 dalam menjalankan misi V230, dengan membawa Brisat bersama satelit EchoStar XVIII, berjalan dengan lancar, aman dan sukses,” ujar Stephane dalam keterangan resmi yang dirilis BRI, Kamis (16/6/2016).

Direktur Utama BRI Asmawi Syam mengatakan, pihaknya bisa memahami alasan penundaan peluncuran ini.

Apalagi, sesuai dengan standar yang ditetapkan Arianespace bahwa mereka bisa menghentikan peluncuran jika ditemukan anomali yang bisa mengganggu peluncuran.

“Kami sangat memahami penundaan ini. Ini adalah standar prosedur mereka untuk melakukan cek dan ricek yang merupakan bagian dari Quality Control (QC). Bagi kami keamanan tetap yang utama. Kami serahkan sepenuhnya kepada Arianespace untuk melakukan yang terbaik,” kata Asmawi.

Asmawi menjelaskan, saat ini seluruh tim sudah berada di Kourou dalam kondisi sehat. Asmawi berpesan agar kita semua tetap “space humble”  dengan berserah diri kepada Tuhan.

“Kami berharap, semoga misi peluncuran BRIsat pada 17 Juni 2016 bisa berjalan dengan sukses,” ujarnya. Asmawi.

(Baca: Menanti Detik-Detik Peluncuran Satelit Archipelago BRIsat)

Kompas TV BRI Tunda Peluncuran Satelit Brisat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com