Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Indonesia Punya Salah Satu Rute Penerbangan Terpadat di Dunia

Kompas.com - 21/06/2016, 21:25 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia ternyata memiliki salah satu rute penerbangan terpadat di dunia.

Rute tersebut yakni rute Jakarta-Surabaya. Menurut Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelengara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia, rute Jakarta-Surabaya merupakan rute terpadat nomer empat di dunia.

"Ditempuh oleh 300 pergerakan penerbangan setiap hari. Ada 150 pesawat (yang melalui rute Jakarta-Surabaya per hari)," ujar Direktur Service Development dan IT LPPNPI Newin Manulang di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Ia menjelaskan, kepadatan rute penerbangan Jakarta-Surabaya terjadi lantaran sejumlah pesawat dengan tujuan ke timur Indonesia masih menggunakan rute tersebut.

Misalnya, pesawat Jakarta-Makassar. Pesawat yang lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta harus terlebih dulu melewati rute Jakarta-Surabaya.

Setelah sampai di Surabaya, baru pesawat berbelok ke arah Sulawesi. Selain pesawat ke Sulawesi, pesawat dengan tujuan Bali juga harus menempuh rute Jakarta-Surabaya sebelum mendarat di Bandara Ngurah Rai Denpasar.

Saat ini, LPPNPI sedang berencana membuka rute baru sehingga pesawat-pesawat yang tujuannya tidak ke Surabaya tidak perlu masuk ke rute Jakarta-Surabaya.

Diharapkan, dengan rute itu maka kepadatan penerbangan di rute Jakarta-Surabaya bisa terurai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com