Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman Rendah Kalori Indonesia Rambah Pasar Afrika

Kompas.com - 24/06/2016, 09:45 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Produk minuman rendah kalori untuk kesehatan beserta produk makanan dan minuman (mamin) instan asal Indonesia cukup menjadi pusat perhatian di Africa’s Big Seven (AB7) yang digelar pada 19-21 Juni 2016 lalu, di Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel).

Sejumlah buyer potensial telah menyatakan minatnya memboyong produk-produk tersebut ke pasar Afrika Selatan untuk didistribusikan ke seluruh benua Afrika.

Partisipasi Indonesia dalam AB7 ini merupakan salah satu upaya Indonesia untuk meningkatkan ekspor dan menembus Afsel sebagai pasar nontradisional.

“Afsel berperan penting sebagai pintu masuk produk ekspor Indonesia ke negara-negara Afrika lain, seperti Botswana, Lesotho, dan Swaziland,” jelas Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Johannesburg Pontas Tobing, melalui keterangan pers ke Kompas.com.

Pontas menambahkan, antusiasme masyarakat Afsel terhadap produk mamin asal Indonesia cukup tinggi. Hal itu dapat dilihat dari tingginya permintaan terhadap produk mamin yang berkualitas tinggi dan memenuhi standar kesehatan.

AB7 merupakan pameran barang konsumsi paling bergengsi di Afrika. Tahun ini, AB7 diikuti oleh 72 negara dengan 13 ribu buyer bergerak di bidang mamin, agrifood, teknologi mamin, interbake, produk ritel, dan bisnis makanan. Keikutsertaan Indonesia diprakarsai oleh ITPC Johannesburg dengan menggandeng Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI).

Paviliun Indonesia dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Afsel Suprapto Martosoetomo. “Meski pertumbuhan ekonomi Afsel cukup rendah, Indonesia harus lebih gencar merebut pasar Afrika bersaing dengan sesama negara ASEAN,” kata Suprapto.

Indonesia menghadirkan 8 (delapan) perusahaan dalam AB7 tahun ini, yaitu PT Lautan Natural Krimerindo (dairy creamer), PT Mayora Indah (kopi), PT Sinar Sosro, PT Kalbe International (produk turunan kelapa dan suplemen makanan), PT Nutrifood Indonesia (produk minuman rendah kalori untuk kesehatan), dan PT Asia Pacific Fortuna Sari (tisu pembersih untuk kesehatan), serta PT Indofood Sukses Makmur dan PT Tiga Pilar Sejahtera Food (mi instan dan bumbu masakan).

Pontas menambahkan, ITPC Johannesburg juga bekerja sama dengan KJRI Cape Town menyelenggarakan business matching antara partisipan Indonesia dengan KADIN Cape Town guna menjajaki potesi bisnis di wilayah selatan Afsel.

Nilai Ekspor 205,11 Juta Dollar AS

Neraca perdagangan Indonesia-Afsel periode April 2016 tercatat surplus sebesar 121,72 juta dollar AS atau turun sebesar 23,37 persen dibandingkan periode yang sama pada 2015 yang telah mencapai 158,85 juta dollar AS.

Sementara itu, nilai ekspor Indonesia ke Afsel tercatat sebesar 205,11 juta dollar AS dan impor Indonesia dari Afsel tercatat sebesar 83,39 juta dollar AS pada periode tersebut.

Kompas TV Ekspor Indonesia Bulan Mei Tumbuh 0,3%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com