Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Cara Menghasilkan Uang Sampingan Cepat pada Bulan Ramadhan

Kompas.com - 26/06/2016, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan puasa yang penuh berkah ini sebentar lagi akan usai, dan umat Muslim di seluruh dunia sudah mulai mempersiapkan diri untuk merayakan hari raya Lebaran.

Ada banyak sekali keperluan yang perlu dipersiapkan, mulai dari mudik, hadiah Lebaran, parsel Lebaran, beli baju baru, dan sebagainya.

Kalau kamu tidak bisa berhemat di sepanjang bulan Ramadhan dan mengelola budget kamu dengan baik, maka bulan ini bisa menjadi bulan yang sangat boros buat kamu. Namun, kalau memang uang yang kamu perlukan tidak cukup, gimana?

Nah, ada beberapa contoh cara menghasilkan uang sampingan yang cepat dengan memanfaatkan momen Ramadhan. Simak caranya berikut ini:

1. Jual takjil ke teman sekitar
Salah satu jenis makanan dan minuman yang jelas akan laku keras dijual di bulan Ramadhan adalah takjil.

Kalau kamu tidak bisa memasak, kamu bisa mencoba menjalankan bisnis ini bersama teman yang pandai memasak, atau kerja sama dengan saudara.

Minimal, kamu bisa menjual takjil ke teman-teman di kampus atau kantor. Lumayan bukan untuk menambah penghasilan selama Ramadhan?

2. Jualan kue-kue Lebaran
Selain takjil, kue dan parcel Lebaran juga akan sering dicari mendekati hari raya Lebaran. Kalau kamu tidak punya keahlian membuat kue sendiri, setidaknya kamu bisa bekerja sama dengan teman yang menjadi penjual kue Lebaran dan menawarkan diri menjadi pihak ‘marketing’-nya.

Kamu bisa pakai sistem komisi sehingga kamu dan dia sama-sama tetap dapat untung.
Baca juga: 5 Cara Bijak Melakukan Alokasi THR di Bulan Ramadhan

3. Jualan baju baru untuk Lebaran
Busana Muslim akan laku keras selama bulan Ramadhan karena banyak yang mencari baju baru untuk merayakan Lebaran. Kalau kamu tidak punya usaha terkait bidang fashion, kamu bisa kerja sama dengan teman atau saudara kamu yang memilikinya.

Kamu bisa menjadi pihak yang mempromosikan barang dagangan dan mendapat komisi atas penjualan baju.

4. Jual jasa desain kartu Lebaran digital
Ucapan selamat hari raya Idul Fitri dapat menjadi berkesan saat diucapkan dengan kartu Lebaran. Kalau punya keahlian desain, kamu bisa pakai kealian kamu untuk membuatkan kartu Lebaran.

Tidak perlu dicetak, kamu bisa juga membuatkan kartu Lebaran digital. Banyak teman yang tentu tertarik mengirimkan ucapan Lebaran dengan gambar menarik yang didesain oleh ahli seperti kamu.

Kompas TV Tips Mix & Match Aksesoris Ala Linda Kayhz


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com