Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, Jonan Sebut Distribusi Angkutan Merata

Kompas.com - 02/07/2016, 21:48 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan distribusi angkutan jelang puncak arus mudik Lebaran cenderung merata. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan jumlah penumpang di bandara. Salah satunya di Bandara Soekarno Hatta.

Di bandara itu, kata Jonan, ada kenaikan jumlah penumpang delapan persen dibanding tahun lalu. Namun dari total 33 penerbangan tambahan (extra flight) yang disiapkan, baru lima armada yang digunakan. "Kayaknya karena tahun ini libur umum ya. Jadi panjang. Hari ini sampai tanggal lima kan panjang ya, jadi distribusinya merata," tutur Jonan di Stasiun Senen, Jakarta, Sabtu (2/7/2016).

Ia memperkirakan, hal tersebut karena daya beli masyarakat tahun ini lebih tinggi. Sehingga masyarakat yang pada tahun-tahun sebelumnya mudik menggunakan jalur darat, kini beralih ke transportasi udara. "Orang lebih menghargai waktu, berusaha lebih praktis dan daya belinya tinggi," kata dia.

Sebelumnya, Jonan memprediksi jumlah penumpang pesawat pada mudik Lebaran 2016 mencapai 4,6 juta orang. Jumlah itu merupakan angka tertinggi sepanjang sejarah angkutan Lebaran. Meski, tanda-tanda terciptanya sejarah baru itu pun mulai tampak.

Berdasarkan laporan dari sejumlah bandara, kata Jonan, sudah ada kenaikan jumlah penumpang dibandingkan mudik Lebaran tahun lalu. "Ini (peningkatan penumpang pesawat) satu fenomena baru," ujar Jonan di Jakarta, Jumat (1/7/2016) malam.

Ia menuturkan, peningkatan penumpang di sejumlah bandara bahkan sudah menyentuh double digit alias di atas 10 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com