Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manjakan Konsumen, KAI Operasikan Kereta Ekonomi Baru Rasa Eksekutif

Kompas.com - 05/07/2016, 11:17 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan pelayanan kepada konsumen di musim mudik tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan rangkaian kereta baru yaitu 'Kutojaya Ekstra Lebaran'.

"Kereta tambahan terbaru Kutojaya Ekstra Lebaran dijalankan Minggu (3/7/2016) dari Kuotoarjo jam 23.00, sampai stasiun Pasar Senen 07.40 WIB, sedangkan yang berangkat dari Pasar Senen 11.15 dan sampai di Kutoarjo 18.32," ujar VP Corporate Communication KAI, Agus Komarudin kepada Kompas.com, Selasa (5/7/2016).

Agus menuturkan, harga tiket kereta Kutojaya Ekstra Lebaran ini adalah Rp 250.000 dengan kapasitas 800 tempat duduk.

"Ada 10 gerbong kereta dalam satu rangkaian total seat 800-an baru. Tarifnya Rp 250.000, ini kelas ekonomi yang komersial. Kalau yang biasa harganya Rp 100.000-an lebih lah," tutur Agus. 

Kutojaya Ekstra Lebaran ini memanjakan penumpang dengan berbagai fasilitas. "Fasilitas AC-nya sentral kalau yang ekonomi biasa kan AC-nya split jadi suka ada tetesan-tetesan air bocor dari AC-nya, jadi ini lebih dingin," ungkap Agus.

Fasilitas pembeda lainnya adalah sandaran kursi yang berbeda dari kereta ekonomi biasa, dan ada pengaman berupa CCTV, televisi untuk hiburan dan juga dilengkapi stop kontak listrik di setiap kursi. Sementara untuk toilet sudah menggunakan kloset duduk yang dilengkapi wastafel.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah melakukan pemesanan lima kereta serupa Kutojaya Ekstra Lebaran kepada PT INKA (Persero).

"Sekarang ini baru satu, kami sudah pesan ke INKA 5 jadi sisa 4 yang belum jadi, kami maunya secepatnya selesai, setiap tahun juga kami harapannya pasti bertambah," pungkas Agus.

Sementara itu, PT KAI telah menyiapkan belasan kereta tambahan selama musim liburan dan Lebaran 2016. Penambahan ini sebagai bentuk antisipasi lonjakan permintaan (demand) penumpang pada hari raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com