Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapitalisasi Pasar BEI Tembus Rp 5.500 Triliun

Kompas.com - 12/07/2016, 16:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menyatakan kapitalisasi pasar di bursa saham Indonesia sudah mencapai Rp 5.500 triliun. Menurut Tito, capaian tersebut hampir mendekati rekor yang tercatat, yakni Rp 5.600 triliun.

Pergerakan kapitalisasi saham tersebut didorong pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) yang menguat sebagai dampak diterapkannya program pengampunan pajak. Tito memandang, momentum tersebut berdampak baik bagi kinerja pasar modal Indonesia.

"Kebetulan momentumnya sekarang bagus,? kemarin PT Telekomunikasi Indonesia Tbk market cap Rp 400 triliun rekor. Hari ini market cap Rp 5.500 triliun, market cap terbesar sepanjang sejarah Rp 5.560 triliun," kata Tito di sela-sela halal bihalal di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selasa (12/7/2016).

Tito menuturkan, frekuensi perdagangan saham juga mendekati rekor. Ia menyatakan, frekuensi tertinggi yang tercatat di BEI mencapai 373.400 kali. "Frekuensi terbesar selama sejarah tahun 2014 adalah 373.400 kemarin 368.000," jelas Tito.

Menurut dia, kondisi pasar modal Indonesia tidak hanya dipengaruhi hanya satu faktor. Selain diterapkannya program pengampunan pajak, kondisi pasar modal saat ini juga dipengaruhi oleh perbaikan di BEI sendiri.

"Kalau di pasar modal tidak pernah satu faktor. Kalau dia mau, barangnya tidak bagus, dia tidak mau. Berita bagus, barangnya tidak bagus, dana tidak ada, bursanya tidak konsisten. Broker tidak kuat, tidak mau juga," cetusnya. 

Kompas TV IHSG Sentuh 5.000, Dirut BEI Jalan Kaki

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com