Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II: Pembangunan Menara AMC Selesai Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 13/07/2016, 20:53 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (AP II) Persero menyatakan pembangunan Menara Apron Movement Controller (AMC) di Terminal 3 Bandar Udara (Bandara) Soekarno-Hatta akan selesai pada akhir pekan ini atau pada tanggal 15-16 Juni 2016.

Direktur Teknik dan Operasi AP II Djoko Murjatmodjo mengatakan pembangunan menara AMC hanya tinggal pemasangan kaca di dinding menara tersebut.

"Pembangunannya udah sedikit lagi selesai, kemudian peralatan sudah mulai masuk sebagaian, direncanakan ketika Terminal 3 beroperasi dia juga sudah siap beroperasi," katanya saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (13/7/2016).

Djoko menjelaskan fungsi dari menara AMC ini untuk digunakan menkoordinasikan pergerakan pesawat di Terminal 3 dari petugas AMC dengan petugas Air Traffic Control (ATC).

"Jadi misalnya pilot minta izin untuk mundur, yang tau kan AMC disini, jadi AMC terima permintaan dari pilot, nanti ATC sana akan koordinasi ke sini, gimana clear nggak ada hambatan nggak. Kalau AMC bilang clear maka ATC akan bilang ke pilot clear," jelasnya.

Selain itu Fungsi menara AMC ini untuk mengawasi kendaraan udara yang non pesawat seperti mengawasi mobil yang ada dalam apron di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

"Supaya mereka bisa diatur, pesawat kan prioritas bergerak maka harus ada komunikasi, makanya kendaraan tersebut nanti diberikan komunikasi, yang selama ini hanya dengan supervisornya nanti ada alat komunikasi dengan tower AMC," ujarnya.

Menurut Djoko, AP II sudah melaporkan progres pembangunan di Terminal 3 yang nantinya tinggal menunggi verifikasi Direktorat Perhubungan Udara (Dirjenhubud) Kementerian Perhubungan.

"Ya kita tunggu Dirjenhubud, kalau AMC siap nanti verifikasi, verikasi kan mulai dari 11-18 ," pungkasnya.

Kompas TV Terminal III Soetta Belum Layak Beroperasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com