Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kompetensi Mitra Penjualan, Semen Gresik Bagi "Business Kit"

Kompas.com - 18/07/2016, 17:00 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

Kompas TV Warga dan Pabrik hanya Berjarak 4 Km

GRESIK, KOMPAS.com – Dalam persaingan bisnis semen yang semakin ketat saat ini, penjualan Semen Gresik di area DKI Jakarta periode Januari hingga Juni 2016, diklaim berhasil mencapai 243.140 ton, dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 10 persen.

Sedangkan penjualan salah satu anak usaha PT Semen Indonesia tersebut di wilayah Banten, tercatat mencapai 298.679 ton, dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 20,2 persen. Meski demikian, kiat-kiat untuk menambah penguasaan pangsa pasar terus coba dilakukan.

Salah cara yang ditempuh adalah, dengan menggelar acara Business Gathering Semen Gresik 2016 Area DKI Jakarta, yang meliputi kota Jakarta, Tangerang, Cilegon, Depok, dan Serang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Minggu (17/7/2016) kemarin.

Di mana dalam agenda ini, Semen Gresik membagikan business kit secara gratis ke seluruh mitra penjualan, mulai dari distributor hingga toko-toko.

Business kit yang dibagikan, berisi tiga buah buku panduan dan satu keping CD tentang manajerial, pemasaran, dan motivasi bisnis, yang ditulis oleh tiga pengamat ekonomi kenamaan. Yakni, Rhenald Kasali, Tung Desem Waringin, dan Hermawan Kertajaya.

“Business kit, merupakan salah satu strategi Semen Gresik untuk ikut meningkatkan kompetensi mitra penjualan. Saat ini hubungan antara perusahaan dengan mitra penjualan seperti distributor dan toko, tidak hanya sebatas transaksional, tapi juga ikut memberdayakan mitra-mitra penjualan untuk sama-sama meraih kesuksesan,” ungkap Direktur Komersial Semen Gresik Mukhamad Saifudin, dalam siaran persnya.

“Oleh karena itu, kita bantu para mitra penjualan untuk dapat memberdayakan diri sendiri lewat peningkatan kompetensi. Salah satunya, dengan pembagian business kit ini,” lanjutnya.

Pihak perusahaan mengklaim, business gathering yang digagas pada tahun ini dikemas secara berbeda dan lebih meriah, jika dibandingkan dengan pelaksanaan serupa pada tahun-tahun sebelumnya. Di mana perseroan senantiasa menelusuri kebutuhan distributor dan toko, sebagai salah satu bekal dalam berbisnis.

Semen Gresik juga coba menghadirkan tokoh inspiratif Indonesia Tung Desem Waringin dalam business gathering yang digelar tadi malam, untuk memberikan sesi business inspiration. Selain itu, video inspirasi dari Hermawan Kertajaya dan Rhenald Kasali juga disiarkan, untuk menambah semangat dalam berbisnis.

“Apresiasi kepada pelanggan, adalah salah satu program untuk menjaga loyalitas seluruh mitra penjualan dan upaya memperkuat jaringan pemasaran. Kami berharap, program ini dapat memacu dan meningkatkan kontribusi para pemilik toko, yang merupakan mitra utama penjualan bagi perusahaan,” beber Saifudin.

Selain dihadiri tak kurang dari 1.500 orang undangan, acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan artis ibukota, Afgan. Di samping itu, Semen Gresik juga memberikan hadiah mulai dari barang elektronik, gadget, dua sepeda motor, hingga satu unit mobil kepada para mitra penjualannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com