Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Repatriasi Masuk Bursa, Porsi Kepemilikan Saham di Pasar Modal Akan Berubah

Kompas.com - 19/07/2016, 13:45 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepemilikan saham di pasar modal akan mengalami perubahan dengan masuknya dana repatriasi dari pengampunan pajak yang datang dari luar.

Namun demikian, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) belum bisa memastikan berapa besaran porsi kepemilikan investor asing dan domestik saat dana repatriasi masuk.

"Pasti berubah, tetapi kita belum tahu angka persisnya. Ini kan baru start, akan kita ketahui ketika sudah ada datanya," ujar Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Alpino Kianjaya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Alpino menyebutkan, hingga saat ini kepemilikan saham oleh asing di BEI masih cukup besar. "Ternyata dari 60 persen, sebagian adalah asing," imbuh Alpino.

Dengan masuknya dana repatriasi ke bursa, maka pemilik saham akan mencantumkan identitas aslinya. Sehingga nantinya, bursa akan mengetahui secara rinci data-data pemilik saham dan bisa diberikan insentif seperti pajak penjualan saham.

"Itu untuk program pertama, bursa efek akan berikan diskon untuk tax amnesty, saat ini sedang dibahas, dan tergantung dari jumlah," tutur Alpino.

Kebijakan tax amnesty diperkirakan bisa menambah penerimaan pajak sekitar Rp 165 triliun dan merepatriasi aset hingga Rp 1.000 triliun. Adapun deklarasi aset wajib pajak (WP) di luar negeri diyakini bisa mencapai Rp 4.300 triliun.

Kompas TV Bank Tak Mampu Tampung Dana "Mudik"?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com