Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terminal Baru Bandara Sultan Thaha Harus Siap Antisipasi Kabut Asap

Kompas.com - 21/07/2016, 15:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com - Tahun 2015 adalah tahun terberat bagi masyarakat Jambi, mengingat pada saat itu kebakaran lahan dan hutan menimbulkan asap pekat yang melumpuhkan seluruh aktivitas warga.

Aktifitas bandara Sultan Thaha salah satu yang terkena dampak bencana tersebut. Gubernur Jambi, Zumi Zola mengatakan, terjadi penurunan jumlah penumpang sebesar 11,29 persen karena maskapai banyak yang membatalkan maupun menunda penerbangan.

"Tahun 2015 terjadi penurunan karena kabut asap, tahun 2014 jumlah penumpang bisa sampai 1,3 juta, di 2015 menurun jadi 1,1 juta atau turun 11,29 persen," ujar Zumi saat menghadiri peresmian terminal baru Bandara Sultan Thaha di Jambi, Kamis (21/7/2016).

Dengan diresmikannya terminal baru Sultan Thaha, dirinya berharap pihak bandara bisa lebih antisipatif dalam menghadapi bencana asap yang kerap terjadi di Jambi.

"Dengan instrumen landing system (ILS) yang dimiliki, bisa dioptimalkan penggunannya untuk kelancaran arus penerbangan ketika ada kabut asap," imbuh Zumi.

Zumi berpesan kepada pengelola bandara agar menyiapkan rencana antisipatif untuk penanganan kabut asap, mengingat di Jambi sudah masuk musim kemarau yang berpotensi terjadi kebakaran lahan dan hutan.

"Sebagai antisipasi dampak kabut asap, kami sudah menyampaikan hal itu ke AP ll untuk mengantisipasi kabut asap, karena sudah masuk ke musim kemarau," pungkas Zumi.

Kompas TV Terminal Keberangkatan Bandara Soetta Padat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com