Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Yakin Inflasi Juli 2016 Tetap Rendah

Kompas.com - 21/07/2016, 20:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan laju inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) pada minggu pertama dan kedua bulan Juli 2016 mengalami peningkatan.

Meskipun demikian, bank sentral meyakini inflasi akan membaik pada akhir bulan Juli 2016.

Bank sentral memantau, inflasi pada minggu pertama Juli 2016 mencapai 1,2 persen secara bulanan (mtm). Sementara itu, inflasi pada minggu kedua Juli 2016 mencapai 1,128 persen.

"Inflasi pekan kedua Juli 2016 1,128 persen, ada perbaikan dibanding pekan pertama 1,2 persen (mtm). Memang masih cukup tinggi, tapi di pekan ketiga dan keempat akan lebih rendah lagi," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Menurut Juda, meningkatnya inflasi pada minggu pertama dan kedua Juli 2016 disebabkan adanya kenaikan tarif angkutan umum, gangguan distribusi, dan kemacetan di ruas tol Brebes pada saat arus mudik hari raya Idul Fitri.

"Ini telah mempengaruhi harga-harga komoditas pangan seperti cabai sempat naik 32 persen di pekan pertama. Kami yakini minggu-minggu mendatang akan (turun) ke bawah," ungkap Juda.

Dengan kondisi tersebut, Juda menyatakan BI masih optimis bahwa inflasi tahun ini akan tetap berada pada kisaran sasaran inflasi yang dipatok bank sentral, yaitu 4 plus minus 1 persen.

"Perkembangan inflasi inti tersebut sejalan dengan masih terbatasnya permintaan domestik, menguatnya nilai tukar rupiah dan terkendalinya ekspektasi inflasi," jelas Juda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com