Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koperasi Harus Direformasi secara Total

Kompas.com - 21/07/2016, 21:28 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengingatkan kalangan perkoperasian di Indonesia bahwa saat ini sudah memasuki persaingan global antarnegara. 

"Inilah tantangan dunia koperasi saat ini. Oleh karena itu, koperasi memang harus mereformasi diri dan berbenah untuk menghadapi persaingan global itu", ujar Presiden saat acara peringatan Hari Koperasi Nasional 2016 ke-69, di Kota Jambi, Kamis (21/7/2016).

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan, kebijakan reformasi koperasi total yang telah digulirkan adalah suatu keharusan.

"Tujuannya agar koperasi mandiri, sehat, profesional, dan mampu bersaing," ujarnya.

Puspayoga menegaskan, reformasi total koperasi tidak bisa diabaikan. Koperasi perlu dibenahi untuk menunjukkan jati diri koperasi yang sesungguhnya dalam mewujudkan ekonomi berkeadilan.

Reformasi koperasi, ditegaskannya, adalah untuk mencapai ekonomi berdikari.

"Program reformasi koperasi dilakukan mencakup semua aspek, mulai pembenahan kelembagaan hingga SDM koperasi," tambahnya.

Puspayoga menjelaskan, langkah pertama merehabilitasi koperasi yaitu dengan memperbarui database koperasi dan membubarkan koperasi yang tidak aktif.

Reformasi juga terkait dengan mereorientasi koperasi melalui peningkatan kualitas koperasi, bukan kuantitas.

"Ini sudah diimplementasikan dengan penerapan teknologi informasi di koperasi. Saat ini koperasi bisa melakukan rapat anggota tahunan secara online sehingga bisa lebih efisien," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com