Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani, Sosok yang Bisa Sukseskan Program "Tax Amnesty"

Kompas.com - 27/07/2016, 17:00 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Pelaksana Bank Dunia, yakni Sri Mulyani yang kini tengah berada di Indonesia, disebut-sebut bisa menyukseskan program tax amnesty yang saat ini sedang digadang-gadang pemerintah.

Sri Mulyani diperkirakan bisa menjadi magnet penarik dana-dana yang berada di luar negeri untuk kembali pulang ke Tanah Air.

"Investor atau pemilik dana memerlukan sosok menteri ekonomi yang bisa mereka percayai, dan Sri Mulyani memenuhi persyaratan tersebut," ujar ekonom dari Universitas Gadjah Mada, Tony Prasetiantono, kepada Kompas.com, Rabu (27/7/2016).

Menurut Toni, sosok Sri Mulyani akan mampu meningkatkan kepercayaan pasar mengingat track record Sri Mulyani yang minim dari cacat menjadi sentimen positif bagi pergerakan pasar.

"Sri Mulyani sosok yang tepat untuk bisa memengaruhi pasar. Dia bisa membangkitkan confidence pasar, saya harap dia juga bisa mengawal tax amnesty dengan baik," pungkas Toni.

Sosok Sri Mulyani sangat dibutuhkan dalam menyukseskan program tax amnesty, mengingat perkataan Presiden Joko Widodo yang mensinyalir pihak asing tidak senang jika program pengampunan pajak atau tax amnesty berhasil.

Jokowi menyatakan bakal turun secara langsung untuk mengawasi berjalannya program ini. Hal lain yang akan dilakukan adalah meyakinkan pemilik dana agar dana mereka kembali ke Indonesia.

Pemerintah sejauh ini optimistis dengan program pengampunan pajak ini. Hal itu terlihat tidak ada rencana A dan rencana B yang akan ditempuh jika program ini gagal.

Kompas TV Presiden Jokowi Lantik Para Menteri Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com