Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Ekonomi Nasional, KEIN Dorong Perkembangan Teknologi Informasi

Kompas.com - 30/07/2016, 11:14 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) melihat konsep pembangunan Indonesia perlu mendapatkan perhatian dari segala sektor tak terkecuali teknologi informasi.

Keberadaan infrastruktur yang menunjang menjadi faktor krusial dalam merealisasikan recana pembangunan Indonesia.

"KEIN perlu memetakan apa saja kebutuhan infrastruktur itu yang nantinya akan menjadi rumusan catatan kebijakan untuk Presiden," ujar Ketua KEIN Soetrisno Bachir dalam keterangan tertulis, Jakarta, Jumat (29/7/2016).

Soetrisno mengungkapkan, pihaknya akan melakukan inventarisir masalah sehingga diketahui mana saja yang harus diselesaikan segera.

Terdekat adalah pembahasan pertama yang dianggap KEIN penting menyangkut sektor infrastruktur di teknologi informasi. Menurut Soetrisno, teknologi informasi saat ini amat menunjang kemajuan suatu negara.

Saat ini hampir semua negara memanfaatkan teknologi guna memantau situasi dan perkembangan yang terjadi di dalam maupun luar negeri.

"Untuk itu, segala aspek yang dibutuhkan agar teknologi informasi menguatkan infrastruktur perlu diketahui, termasuk apa yang masih mengganjal, apakah perizinannya, regulasi atau lainnya," katanya.

Soetrisno menekankan agar masyarakat yang melek teknologi akan menjadi tolak ukur tingkat kemajuan negara, dan juga mendorong pendapatan perekonomian nasional. Teknologi juga dapat digunakan sebagai pembuka akses lapangan kerja.

Sementara itu, Pakar Tekonologi Informasi Onno W. Purbo mengungkapkan bahwa diperlukan kebijakan yang berpihak pada pelaku dan perkembangan teknologi informasi saat ini.

Onno mengatakan, saat ini masih merasakan adanya aturan-aturan penghambat guna mengembangkan teknologi informasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com