Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petrokimia Gresik Berencana Bangun Bisnis Ritel di Jawa

Kompas.com - 30/07/2016, 17:00 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – PT Petrokimia Gresik (PG) berencana membangun Petromart di setiap Kabupaten yang ada di Jawa, sebagai sarana dalam memasarkan produk hasil riset inovasi yang mereka kembangkan.

Petromart yang merupakan pasar swalayan hayati modern, yang saat ini sudah dibangun di sepuluh titik, dengan kantor pusat berlokasi di Jalan Noto Prayitno, Kawasan Industri Gresik, Jawa Timur.

Tidak hanya sekedar memasarkan produk hasil riset inovasi PG, namun juga segala produk pertanian yang berada dalam naungan PG.

“Memang ada sepuluh tempat, namun di Jawa Timur baru ada sekitar tujuh Petromart. Di mana kami merencanakan, bakal kami tambah secara bertahap, sehingga setiap kabupaten yang ada di Jawa bakal ada Petromart,” ujar Direktur Teknik dan Pengembangan PG, Arif Fauzan, Jumat (29/7/2016).

Sejauh ini, sudah ada sekitar 17 produk hasil riset yang dikembangkan PG dan telah masuk dalam pasaran. Sementara dalam Petro Agrifood Expo yang mulai digelar hari ini (29/7/2016), PG kembali meluncurkan dua produk baru hasil riset inovasinya, bernama Petro Hibrid dan Petro Gladiator.

“Dengan adanya Petromart, membuat Petro Hibrid dan Petro Gladiator bersama produk riset lain, tidak lagi dipasarkan melalui anak perusahaan, melainkan langsung melalui departemen penjualan produk pengembangan,” jelasnya.

Selain Petro Hibrid dan Petro Gladiator, beberapa produk hasil riset inovasi PG yang sudah dijual di Petromart sampai saat ini di antaranya, Pupuk NPK Kebomas khusus untuk ubi kayu, NPK Kebomas untuk horti, Petromina (NPK khusus untuk tambak), serta Petro Biofertil (pupuk hayati dengan 5 mikroba).

Ada pula berbagai macam pro biotik untuk hewan ternak dan ikan, seperti Petro Chick untuk ayam, Petro Biofeed untuk ruminansia yang bisa digunakan untuk sapi dan domba, serta Petro Fish untuk budidaya ikan.

Petromart juga menyediakan berbagai macam benih, seperti benih jagung Petro Hi-Corn, benih padi Petro Seed, hingga benih cabai Petro Chili. Serta, menjual berbagai macam produk herbisida, insektisida, dan pestisida, untuk menanggulangi penggangu tanaman.

“Di Petromart juga ada berbagai macam hasil olahan pertanian kok, seperti Petro Cassava dan Yoghurt, yang merupakan modifikasi tepung singkong sebagai pengganti tepung terigu,” pungkasnya.

Kompas TV Petrokimia Gresik Hadir di Final Four Proliga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com