Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Evaluasi Paket Kebijakan Ekonomi, Menko Darmin Klaim Pemerintah Berhasil

Kompas.com - 02/08/2016, 19:33 WIB
Ihsanuddin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, evaluasi terhadap paket kebijakan ekonomi jilid 1-12 sudah dilakukan.

Menurut Darmin, evaluasi tersebut menunjukkan hasil yang positif.

"Hasilnya bagus. Mereka menyatakan sekitar 86 persen responden pelaku ekonomi dan pemerintah daerah yang diwawancara tahu mengenai deregulasi yang diumumkan dalam 12 paket itu," kata Darmin di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Darmin memastikan evaluasi yang dilakukan oleh Kelompok Kerja III Satgas Percepatan Pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi ini netral dan objektif.

Sebab, pokja itu terdiri dari pihak swasta, anggota Kamar Dagang dan Industri, pihak Bank Indonesia serta para pakar.

"Yang melakukan evaluasi bukan pemerintah, dan hasilnya bagus," kata Darmin.

Dengan evaluasi yang ada ini, Darmin memastikan pemerintah akan melanjutkan ke paket kebijakan ekonomi ke-13. Ada dua hal yang rencananya akan menjadi fokus paket ke-13, yaitu e-commerce dan rumah murah.

Menurut Darmin, paket ini sudah siap. Hanya saja pihaknya belum punya kesempatan untuk melaporkan kepada Presiden Jokowi.

"Kami belum punya kesempatan melapor ke Presiden karena kesibukan Presiden. Kami sudah siap, kita tinggal tanya Presiden mau yang mana, karena ada beberapa opsi," ucap Darmin.

Kompas TV Pengumuman Paket Ekonomi Jilid VI - Bagian 2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com