Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Jamin Belanja Pendidikan, Kesehatan, dan Bantuan Sosial Tidak Dipotong

Kompas.com - 05/08/2016, 18:10 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah tidak akan memotong anggaran untuk belanja kelompok masyarakat miskin.

Pemotongan belanja kementerian/lembaga sebesar Rp 65 triliun akan dilakukan untuk belanja-belanja yang tidak prioritas.

"Belanja yang terutama sangat penting untuk kelompok masyarakat miskin tidak akan kita potong, bahkan pemerintah lindungi. Pendidikan, kesehatan, bantuan sosial," kata Sri dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan saat ini detail pemotongan belanja kementerian/lembaga sedang dikerjakan.

Sesuai dengan pembahasan di sidang kabinet paripurna, kata dia, pemerintah akan terus menjaga belanja-belanja yang masuk dalam kategori prioritas dan strategis.

Anggaran untuk belanja-belanja seperti ini terus dijaga untuk menopang kegiatan ekonomi, dalam bentuk penciptaan kesempatan kerja, dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Oleh karena itu, imbuh Sri, seluruh pengeluaran yang sifatnya untuk pembangunan infrastruktur yang dapat meningkatkan konektivitas dan produktivitas tidak akan dipotong.

"Jadi, yang kita lakukan pemotongan adalah belanja-belanja yang tidak prioritas. Akan tetapi, belanja yang kontraknya sudah terjadi juga tidak dipotong karena nantinya akan menimbulkan masalah administrasi," ujar Sri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com