Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Masih Kaji Dampak Pemangkasan Anggaran terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 08/08/2016, 14:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah melalui Kementerian Keuangan menyatakan bakal memangkas anggaran pemerintah pusat dan transfer daerah sebesar Rp 133 triliun.

Alasannya, penerimaan pajak diprediksi akan lebih rendah dari yang telah dipatok dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Perubahan (APBN-P) 2016.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan, pihaknya masih melakukan kajian terkait dampak pemangkasan anggaran tersebut terhadap pertumbuhan ekonomi tahun 2016.

Bank sentral sendiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun 2016 mencapai 5,1 persen.

“Masih dalam kajian BI. Kalau pemotongan anggaran dilakukan pada hal-hal tidak berdampak ke perekonomian, kami rasa itu baik,” kata Agus di kantornya di Jakarta, Senin (8/8/2016).

Agus menyatakan, sebaiknya anggaran yang dipotong bukanlah anggaran yang terkait dengan pembangunan ataupun infrastruktur.

Pasalnya, bila anggaran tersebut yang dipangkas, maka dampaknya akan berlaku terhadap perekonomian Indonesia.

Terkait kondisi perekonomian, Agus menuturkan bahwa meski kondisi perekonomian dunia masih tidak baik dan perbaikan ekonomi berjalan secara lambat, perekonomian Indonesia cenderung stabil dan membaik.

Apa alasannya? Menurut Agus, pertumbuhan ekonomi mulai meningkat dari 4,91 persen pada kuartal I 2016 menjadi 5,18 persen pada kuartal II 2016.

Selain itu, inflasi pun terjaga pada level yang rendah sehingga bank sentral yakin inflasi pada tahun 2016 akan ada pada posisi 4 persen.

“Kami lihat defisit transaksi berjalan menurun dan neraca perdagangan surplus. Ini kondisi yang membuat Indonesia dalam keadaan ekonomi yang membaik, fundamentalnya membaik,” terang Agus.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com