Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film “Finding Dory” dan “Jungle Book” Bikin Pendapatan Disney Melonjak

Kompas.com - 11/08/2016, 05:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC.com

LONDON, KOMPAS.com – Popularitas film-film keluarga seperti Finding Dory dan Jungle Book berhasil menggiring rumah produksi Walt Disney membukukan kinerja kuartalan yang jauh di atas prediksi.

Berkat kedua film tersebut, pendapatan Disney melonjak 9 persen menjadi 14,2 miliar dollar AS, lebih tinggi dari prediksi Wall Street.

Sementara itu, laba Disney pada kuartal yang berakhir pada 2 Juli 2016 lalu dilaporkan meroket 120 juta dollar AS menjadi 2,6 miliar dollar AS.

Dalam laporannya seperti dikutip dari BBC, Rabu (10/8/2016), Disney juga telah membeli 33 persen saham perusahaan streaming video BAMTech seharga 1 miliar dollar AS.

Adapun film-film seperti Jungle Book dan Captain America: Civil War berhasil mendorong peningkatan pendapatan pada divisi studio Disney.

Film Finding Dory membukukan pendapatan sebesar 136,2 juta dollar AS dalam sepekan pertama pemutarannya dan merupakan film animasi tersukses dalam sejarah box office AS.

Divisi taman bermain dan resor Disney dilaporkan mencatatkan pertumbuha pendapatan sebesar 6 persen. Padahal, divisi tersebut tengah menghadapi peningkatan biaya pada taman bermain yang diluncurkan di China dan perlambatan jumlah pengunjung di Disneyland Paris, Perancis.

Pendapatan divisi jaringan televisi kabel Disney meningkat 1,4 persen menjadi 4,2 miliar dollar AS. Mesin pendorong pendapatan divisi ini adalah jaringan program olahraga ESPN.

Kepemilikan saham Disney pada BAMTech merefleksikan upaya Disney untuk berjalan beriringan dengan perubahan kebiasaan menonton masyarakat saat ini.

Disney menyatakan bakal mengembangkan layanan streaming langganan multi cabang olahraga dengan BAMTech. Disney pun membuka peluang untuk membeli saham mayoritas BAMTech. Saat ini, platform BAMTech melayani hamper 7,5 juta pelanggan berbayar.

Kompas TV Bangkit! Film Bergenre â??Action-Disasterâ??

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com