Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Infrastruktur Maritim, Gubernur BI dan Menko Maritim Merapat ke Batam

Kompas.com - 12/08/2016, 06:48 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — Bank Indonesia (BI) kembali menggelar rapat koordinasi (rakor) tiga bulanan bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Kali ini, rapat akbar BI digelar di Batam, Kepulauan Riau, pada Jumat (12/8/2016).

Tema yang diangkat yaitu mempercepat pembangunan infrastruktur maritim untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan mendorong kepariwisataan.

"Kalau bicara kemaritiman paling tidak akan bicara pelayaran, perkapalan, pelabuhan, perikanan, dan tentunya kepariwisataan," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara di Batam, Kamis.

Sejumlah pejabat yang dipastikan hadir adalah Gubernur BI Agus Martowardojo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PAN-RB Asman Abnur, dan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Regional I Sumatera BI Dian Ediana Rae menuturkan, rakor tersebut akan mencoba melihat secara mendalam persoalan dan dinamika ekonomi daerah, terutama di Sumatera.

Sumatera merupakan pulau kedua penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi nasional. Peringkat satu masih ditempati Pulau Jawa.

"Kalau kita perdalam, kita sedang kurang beruntung karena ekonomi Sumatera ini sangat bergantung pada harga komoditas yang kebetulan saat ini sedang terpukul," kata Dian.

Oleh karena itu, bank sentral menilai pentingnya mendorong sejumlah sektor untuk menumbuhkan ekonomi Sumatera, seperti percepatan pembangunan infrastuktur, konektivitas, dan hilirisasi produk.

Rencananya, selain dihadiri jajaran menteri, rakor tersebut juga dihadiri sejumlah pimpinan daerah di Sumatera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com