Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Migas Asal Oman Tertarik Berinvestasi di Kilang Minyak Pertamina

Kompas.com - 12/08/2016, 14:03 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perusahaan minyak dan gas (migas) nasional asal Oman yakni Overseas Oil & Gas LLC menyatakan ketertarikannya terhadap proyek kilang minyak milik PT Pertamina (Persero) di Bontang, Kalimantan Timur.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, mereka tertarik untuk berinvestasi di kilang minyak yang juga diincar oleh Rusia dan Iran itu.

"Mereka memang bicarakan Bontang. Apakah memang Bontang yang paling cepat, apa di Sumatera Utara, pokoknya kita lihat saja nanti," ujar Rini di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Rini juga menawarkan kepada perusahaan migas asal Oman tersebut opsi kilang lain di Sumatera Utara yang kemungkinan paling cepat dibangun.

"Kita sedang mencoba mendetailkan mana yang paling cepat kita finalkan," tandas Rini.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengaku senang dengan ketertarikan perusahaan migas asal Oman untuk berinvestasi di proyek kilang milik ‎perseroan.

Namun, menurut Dwi, kilang di Bontang yang berkapasitas 300.000 barrel per hari ini masih menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). Dengan demikian, pihaknya pun menawarkan opsi kilang lain.

"Bontang posisinya masih KPBU, jadi kita akan carikan provinsi lain di Sumatera Utara sama Aceh. Akan tetapi, nanti kita akan lihat ke depannya, angka investasinya masih akan kita bicarakan dengan mereka," pungkas Dwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com