Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Kampung UMKM Digital, Kemenkop Gandeng Telkom

Kompas.com - 13/08/2016, 15:27 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan PT Telkom dalam program pendampingan Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) melalui program Kampung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Digital.

"MoU sudah kita tandatangani pada 25 Mei 2016 lalu di Yogyakarta, dengan tujuan untuk meningkatkan penetrasi digital pelaku UMKM," kata Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Setyowati.

Yuana menyebutkan, pihaknya telah membangun 49 unit Pusat Latihan Usaha Terpadu (PLUT) di 24 di provinsi dan 25 di kabupaten/kota dengan 293 tenaga pendamping. 

Dalam program Kampung UKM Digital, PT Telkom merupakan katalisator terciptanya ekosistem bisnis melalui pemanfaatan Information Communication and Technology (ICT) secara komprehensif dan integratif untuk mendukung usaha KUMKM.

"Dalam pelaksanaannya, pengembangan Kampung UKM Digital dilakukan dengan optimalisasi PLUT-KUMKM yang telah mendampingi UMKM di sentra-sentra produksi," papar Yuana.

Dalam kesempatan yang sama, EVP PT Telkom Tri Gunadi mengatakan, Telkom mendorong para pelaku UMKM untuk memanfaatkan ICT secara komprehensif dan integratif untuk mendukung bisnis yang berjalan di Kampung UMKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com