Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEIN Susun "Road Map" Industri yang Diprioritaskan untuk Dikembangkan

Kompas.com - 13/08/2016, 18:27 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyatakan telah menyusun roadmap pengembangan sektor industri prioritas nasional, yang mencakup agribisnis, maritim, kreatif, dan sektor pariwisata.

Ketua KEIN, Soetrisno Bachir menjelaskan saat ini Indonesia belum memiliki strategi pengembangan industri Indonesia.

“Harus ada prioritas, industri bisa kompetitif di dalam negeri dan bisa menjadi pemain di pasar global,” ujar Soetrisno dalam Workshop Media KEIN di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2016).

Menurutnya, Indonesia sudah seharusnya memiliki titik fokus kepada sektor-sektor industri prioritas yang berbasis kepada sumber daya alam dan sumber daya manusia Indonesia.

“Jangan sampai kita mendorong satu industri, tenaga kita semua dicurahkan, yang menikmati segelintir orang. Padahal sumber daya manusia kebanyakan lulusan sekolah dasar atau sekolah menengah pertama dan tinggal di daerah,” jelas Soetrisno.

KEIN merupakan institusi di bawah naungan Presiden yang beranggotakan dari berbagai profesi dari pengusaha, politisi, serta akademisi.

Seperti tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2016 tentang Komite Ekonomi dan Industri Nasional bertugas melakukan pengkajian terhadap permasalahan ekonomi dan industri nasional, regional, dan global.

Selain itu, lembaga ini juga menyampaikan saran tindak strategis dalam menentukan kebijakan ekonomi dan industri nasional kepada Presiden dan melaksanakan tugas lain dalam lingkup ekonomi dan industri yang diberikan Presiden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com