Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Kopi Asal Jawa Timur Ini Akan Buka "Warung Kopi" di Australia

Kompas.com - 15/08/2016, 21:19 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Koperasi Mukmin Mandiri asal Jawa Timur yang sudah berhasil menembus pasar kopi internasional akan melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka warung kopi di Melbourne, Australia.

Hal ini dilakukan untuk memperoleh nilai tambah dalam mengembangkan bisnis kopi.

"Masih dicarikan lokasinya atau outlet-nya dan saat ini sedang menunggu waktu yang tepat, kami sedang negosiasi harga, rencananya akan buka di Melbourne, Australia," ujar Muhammad Zakki, Pimpinan Koperasi Mukmin Mandiri, Jawa Timur, Senin (15/8/2016).

Menurut Zakki, kopi yang dihasilkan Koperasi Mukmin Mandiri diolah dari perkebunan milik Pesantren Mukmin Mandiri dengan luas lahan 400 hektar di daerah Tulungagung.

"Salah satu bahan bakunya bersumber dari perkebunan kopi kami di Tulungagung dan dicampur dengan kopi Dampit Malang yang terkenal sebagai kopi khas Jawa," ujarnya.

Ide pembukaan warung kopi di Australia ini dilontarkan oleh Menteri Koperasi dan UKM (Kemenkop) AAGN Puspayoga saat melepas ekspor perdana Koperasi Mukmin Mandiri.

Menurut Menkop, Koperasi Mukmin Mandiri diharapkan bisa mengoperasikan warung kopi di Australia mengingat masyarakat Sidney dan Melbourne gemar mengonsumsi kopi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com