Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Kebut Pengerjaan 4 Pembangkit Listrik

Kompas.com - 25/08/2016, 13:49 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus mengebut pengerjaan empat pembangkit listrik. Total kapasitas daya yang dihasilkan mencapai 2.800 megawatt.

GM PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah I Anang Yahmadi mengatakan, keempat pembangkit tersebut adalah PLTA Upper Cisokan di perbatasan Kabupaten Bandung Barat-Cianjur; PLTA Jatigede, Kabupaten Sumedang; PLTU Indramayu; dan PLTGU Muara Tawar Add-on.

PLTA Upper Cisokan mempunyai kapasitas 1.040 megawatt, Jatigede 110 megawatt, Indramayu mencapai 1.000 megawatt, dan Muara Tawar dengan tenaga gas uap menghasilkan 650 megawatt.

"Dari empat pembangkit, dua di antaranya bisa lebih cepat beroperasi yakni Add-on Muara Tawar dan Jatigede. Proses pengerjaannya relatif lebih mendukung," ujar Anang di Bandung, Kamis (25/8/2016).

Seluruh pembangkit tersebut akan memasok kebutuhan listrik pulau Jawa dan Bali. Dia menuturkan, pengerjaan Muara Tawar hanya butuh waktu 32 bulan setelah lelang, di mana proses konstruksinya bisa segera dilakukan.

Dalam kurun waktu tiga tahun, pembangkit tersebut bisa segera beroperasi. Sedangkan untuk Jatigede, menurut dia proses kontruksinya sudah berjalan dengan perkembangannya sudah mencapai lebih dari 11 persen. Dia menyebut, pengerjaan seluruh pembangkit listrik tersebut dibantu oleh mudahnya pembebasan lahan.

"Tapi PLTA Upper Cisokan menghadapi kendala tak mudah, yakni faktor alam. Pembangunan jalan akses kerap terganggu ancaman longsor. Kondisi ini menyita tenaga karena pasokan proses konstruksi menjadi terganggu," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com