Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Komponen yang Diekspor PT Barata Indonesia ke Luar Negeri

Kompas.com - 25/08/2016, 20:14 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – PT Barata Indonesia (Persero) yang bermarkas di Gresik, Jawa Timur, secara resmi melakukan ekspor komponen kereta api ke luar negeri, mulai kemarin dan hari ini, Kamis (25/8/2016).

Komponen tersebut diekspor ke berbagai negara, yakni Amerika Serikat, Kanada, serta Meksiko.

“Untuk ekspor ke Meksiko, kali ini adalah edisi perdana. Sementara yang ke Amerika, sudah beberapa kali, karena kami sudah melakukannya sejak 2011 lalu,” ungkap manajer Divisi Industri PT Barata Indonesia (Persero) Hari Santosa, Kamis (25/8/2016).

“Tujuan Amerika dan Kanada dikirim ke Houston, dengan kiriman pertama sejumlah empat kontainer, sedangkan untuk ekspor ke Mexico pada hari ini, dikapalkan sebanyak 24 gerbong,” sambungnya.

Dengan jumlah pesanan untuk Amerika dan Kanada, sebanyak 713 gerbong untuk kereta api pengangkut dengan panjang 40 feet. Untuk Mexico, perseroan mendapatkan order sebanyak 75 gerbong.

Barata melakukan ekspor di bawah naungan perusahaan Standard Car Truck Co yang berkantor pusat di Illinois, Amerika Serikat.

“Soal pendapatan silakan dikalikan saja, karena dalam kontrak disebutkan, satu gerbong itu dihargai 5.000 dollar AS,” jelasnya.

Gerbong-gerbong tersebut tidak diekspor secara utuh ke Negara tujuan, melainkan dipisah menjadi beberapa bagian. Bagian yang paling vital adalah bogie yang merupakan rangka dari gerbong kereta pengangkut barang.

“Untuk memenuhi ekspor pada hari ini dan kemarin, kami sudah mulai memproduksinya sejak Bulan Mei 2016 lalu, dengan tipe yang kami kerjakan adalah S2HD9C,” beber Hari.

Dengan applikasi bogie di gerbong kereta api barang, diklaim mempunyai kapasitas muat dua kali lipat atau lebih dibandingkan dengan kereta/gerbong dua gandar, sehingga membuat daya angkutan meningkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com