Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susi: Sejauh-jauhnya Anda ke Luar Negeri, Lebih Baik di Dalam Negeri

Kompas.com - 26/08/2016, 18:37 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyampaikan sejumlah pesan kepada 476 lulusan Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta.

Salah satu pesannya yaitu untuk tidak lupa berkontribusi membangun bangsa. “Pesan saya adalah sejauh-jauhnya Anda ke luar negeri, lebih baik kalian di dalam negeri," ujar Susi dalam acara wisuda STP Jakarta seperti dikutip dari siaran pers, Jumat (26/8/2016).

Menurut menteri asal Pangandaran Jawa Barat itu, sektor perikanan dalam negeri perlu dibangun mengingat Indonesia sedang memulai langkah sebagai poros maritim dunia.

Oleh karena itu tutur Susi, dibutuhkan peran serta anak-anak muda Indonesia untuk ikut berkontribusi membangun sektor perikanan dan kelautan.

Apalagi, sebagai negara yang besar, Susi menilai sudah seharusnya Indonesia menjadi bangsa yang mandiri. Bangsa yang mampu menyejahterakan rakyatnya tanpa pengaruh bangsa lain.

"Kita harus mandiri serta terbebas dari negara manapun karena Indonesia adalah bangsa yang merdeka. Kita berhak menentukan apa yang akan kita lakukan," kata Susi.

"Kita berhak merencanakan pembangunan yang sesuai untuk kesejahteraan bangsa kita sendiri,” tandas perempuan berusia 51 tahun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com