Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CekAja.com dan Premiro Perluas Kerja Sama Layanan Asuransi "Online"

Kompas.com - 30/08/2016, 16:11 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkembangnya industri layanan jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) di Indonesia mengubah cara masyarakat untuk mendapatkan produk-produk finansial, baik produk perbankan maupun produk asuransi.

Dengan demikian, muncul juga e-commerce khusus finansial seperti CekAja.com yang berada di bawah PT Puncak Finansial Utama. Kemunculan e-commerce finansial ini diharapkan secara langsung dapat meningkatkan literasi finansial keuangan di kalangan masyarakat.

Berbicara tentang produk asuransi, tentunya masyarakat ingin cara yang lebih cepat, hemat biaya, dan efektif dalam melakukan pembelian dan pembayaran, administrasi polis, klaim, dan renewal sales.

Atas fakta tersebut, PT Mitra Ibisnis Terapan (MIT) melalui Premiro hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat. Mitra Ibisnis adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi digital yang sudah mengantongi lisensi broker dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Dengan tujuan memperluas jangkauan agen dan cabang asuransi konvensional melalui saluran digital, PT Puncak Finansial Utama melalui CekAja.com dan PT Mitra Ibisnis Terapan melalui Premiro mengumumkan kerja sama eksklusif pada semua penjualan produk asuransi.

Presiden Direktur PT Puncak Finansial Utama Denny Dilham mengatakan, kerja sama ini memantapkan posisi CekAja.com & Premiro sebagai kanal asuransi digital terdepan di Indonesia.

Dua perusahaan ini memiliki misi yang sama, yaitu memperluas layanan akses digital dalam hal produk finansial. Saat ini 90 persen proses bisnis layanan asuransi dari Mitra Ibisnis dilakukan secara digital.

"Puncak Finansial Utama melalui CekAja.com telah terbukti menjadi e-commerce finansial terdepan. Akhirnya, kerja sama ini dapat menjangkau layanan masyarakat untuk mendaftar produk asuransi secara digital penuh," kata dia melalui rilis ke Kompas.com (30/8/2016).   

Dia menambahkan, baik CekAja.com maupun Premiro juga memiliki tim profesional yang terdiri dari mantan eksekutif perusahaan finansial dan teknologi yang berpengalaman dan memiliki kredibilitas tinggi.

Sehingga, layanan penawaran yang ditawarkan juga memiliki kualitas dan standar yang sangat sesuai dengan kebutuhan dan sangat menguntungkan bagi pelanggan.

Presiden Direktur Mitra Ibisnis Aditya Budi mengatakan, berkembangnya industri fintech telah merevolusi cara membeli asuransi.

"Bila beberapa tahun yang lalu berbelanja polis asuransi terasa rumit, sekarang semuanya bisa dilakukan langsung di depan layar komputer/smartphone. Bahkan dapat dilakukan dalam hitungan menit hingga terbitnya polis," kata dia.  

Dalam teknisnya, Puncak Finansial Utama nantinya akan menjalankan aktivitas pemasaran digital produk-produk asuransi melalui CekAja.com.

Sedangkan untuk proses transaksinya seperti administrasi polis, penjualan, pembayaran, klaim, dan renewal sales akan dilakukan oleh Mitra Ibisnis sebagai pialang asuransi yang telah terdaftar di OJK.

"Setiap pengajuan aplikasi produk asuransi oleh pelanggan yang dilakukan di CekAja.com nantinya akan diteruskan secara otomatis ke Premiro untuk proses selanjutnya," Aditya Budi.

Literasi Asuransi

Dari data survei yang pernah dilakukan OJK, hingga saat ini masih lebih dari 50 persen penduduk Indonesia yang belum terjangkau literasi asuransi. Maka dari itu, platform digital untuk layanan finansial khususnya asuransi dapat meningkatkan dan mempermudah masyarakat dalam produk asuransi.

Sebagai contoh, di Eropa dan Amerika Serikat, fintech yang telah berkembang lebih dulu yakni fintech untuk proses pemasaran dan penjualan asuransi secara online.

"Kini hal itu telah berkembang dengan cepat di regional Asia dan merevolusi masyarakat dalam menerima layanan produk finansial,” tambah John Patrick Ellis, CEO C88 Financial Technologies Pte Ltd, grup financial e-commerce terbesar di Asia Tenggara.

Kompas TV Bank Bukopin "Gandeng" Asuransi Jasindo

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com