Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Idul Adha Harga Pangan Pokok Naik Tipis

Kompas.com - 30/08/2016, 19:15 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Persoalan harga pangan menjelang hari raya keagamaan sudah menjadi persoalan yang harus dihadapi pemerintah.

Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (IKAPPI) menegaskan jelang Hari Raya Idul Adha 2016 saat ini ada potensi kenaikan harga pangan pokok di pasar karena adanya peningkatan permintaan konsumen.

Ketua IKAPPI Abdullah Mansuri mengatakan, jelang Hari Raya Idul Adha ada sentimen kenaikan harga komoditas sayur mayur utamanya cabai dan berpotensi semakin tinggi hingga H-3 Idul Adha.

"Sentimennya naik per dua hari ini naik contoh cabai ya, cabai itu naik per hari Rp 500 sampai hari ini kenaikannya sudah Rp 1.000, cabai, bawang merah, bawang putih, sayur mayur rata-rata ada kenaikan, tetapi kenaikan masih relatif kecil, karena memang permintannya sudah mulai meningkat," ujar Abdullah kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Abdullah mengatakan, dari pengamatan IKAPPI pada tahun-tahun sebelumnya sentimen kenaikan harga baru terjadi pada H-3 Hari Raya Idul Adha.

"Biasanya tahun-tahun sebelumnya kenaikan itu mulai terlihat di tiga hari menjelang Hari Raya Idul Adha, tetapi sekarang satu minggu mulai ada pergerakan naik," ungkapnya.

Biasanya, kenaikan yang mencolok itu di cabai merah, cabai rawit, cabai kriting, bawang merah dan bawang putih.

"Khusus bawang putih, kita memang impor sebab produksi kita hanya 10 persen dari kebutuhan nasional," tambahnya.

Sementara itu, Abdullah menjelaskan untuk pasokan pangan di pasar saat ini terpantau aman dan lancar, dilihat dipasar induk pasokan terus ada. Tetapi tetap perlu diwaspadai H-7 jika saja sudah ada kenaikan kurang lebih Rp 500 sampai Rp 1.500 per komoditas. 

Padahal, data lima tahun terakhir kenaikan puncak selalu pada H-3. "Artinya ada potensi kenaikan yang signifikan jelang H-3, ini perlu diwaspadai," ungkap Abdullah.

Dari pantauan IKAPPI, ada kenaikan permintaan konsumen sebesar 21 persen per hari ini (30/8/2016). Kenaikan ini karena ada permintaan yang meningkat dari konsumen.

Harga Komoditas Pokok

Pantauan Kompas.com harga komoditas pokok di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, hari ini Selasa (30/8/2016) terpantau harga cenderung stabil.

Namun ada kenaikan pada cabai merah besar. Cabai merah besar Rp 23.000 per kilogram naik Rp 1.000 dari hari sebelumnya, cabai merah kriting Rp 28.000 per kilogram, cabai rawit merah stabil dengan harga Rp 30.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 13.000 per kilogram.

Selain itu, bawang merah Rp 28.000 per kilogram, bawang putih Rp 30.000 per kilogram.

Kompas TV Harga Bahan Pokok Turun, Pasar Kembali Ramai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com