Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratu Belanda Tinjau Program Inklusi Keuangan di Bogor

Kompas.com - 31/08/2016, 10:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda hari ini, Rabu (31/8/2016) mengunjungi Kota Bogor. Di Kota Hujan, Ratu Maxima didampingi Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kusumaningtuti S Soetiono meninjau program inklusi keuangan.

Agenda pertama, Ratu Maxima mengunjungi SMPN 1 Bogor untuk meninjau Program Simpanan Pelajar (Simpel) PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). Ratu Maxima pun berkomunikasi dengan para siswa yang mendemonstrasikan transaksi dengan Tabungan Simpel.

Para siswa terlihat sangat antusias menyaksikan hadirnya Ratu Maxima. Seorang siswa pun terlihat berbincang dengan Ratu Maxima tentang Simpel. Sang siswa menjelaskan, dirinya menabung dengan Tabungan Simpel untuk menabung demi biaya kuliah di masa mendatang dan keperluan terkait sekolah.

Setelah itu, Ratu Maxima meninjau lingkungan sekolah. Kemudian, Ratu Maxima mengunjungi agen Laku Pandai BRILink di Bantarjati, Kota Bogor. Toko Cemerlang yang dimiliki Endartono (43) menjadi lokasi yang dikunjungi Ratu Maxima.

"Saya sebenarnya menjadi agen BRILink karena ingin membantu masyarakat. Banyak masyarakat yang transaksi menabung atau bayar tagihan pakai BRILink," jelas Endartono kepada Kompas.com.

Ratu Maxima datang ke Indonesia sebagai utusan khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk Inklusi Keuangan (UNSGA). Menurut dia, inklusi keuangan merupakan bagian dari pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia melalui peran lembaga jasa keuangan. Hal ini terutama dalam peningkatan inklusi dan literasi keuangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com