Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melalui Akuisisi, Sawit Sumbermas Sarana Tambah Luas Tanam Sawit

Kompas.com - 31/08/2016, 17:01 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) Vallauthan Subraminam mengatakan, perseroan tengah melakukan ekspansi bisnis melalui skema akuisisi untuk mengembangkan luas areal tanam.

“Kami ingin terus menambah luas lahan perkebunan sawit kami dari yang saat ini sekitar 100.000 hektar. Cara yang akan kami tempuh adalah akuisisi atau cara anorganik," ujar Vallauthan di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Vallauthan menjelaskan, akuisisi akan dilakukan sepanjang memenuhi sejumlah aspek, mulai dari aspek lingkungan, kualitas, perizinan, dan lokasi. Perseroan berencana mengakuisisi lahan di Kalimantan Tengah.

Vallauthan menuturkan, akhir tahun lalu perseroan telah mengakuisisi dua perusahaan sawit dengan nilai transaksi mencapai 50 juta dollar AS, yaitu PT Mirza Pratama Putra (MPP) dan PT Menteng Kencana Mas (MKM), keduanya berlokasi di Kalimantan Tengah.

"Saat ini total lahan (land bank) yang dimiliki perseroan mencapai 100.000 hektar. dengan luas areal tertanam mencapai 70.940 hektar. Hingga akhir tahun 2015, jumlah TBS atau tandan buah segar yang diproses di pabrik kelapa sawit milik perseroan mencapai 1,35 juta ton, menghasilkan 321.238 ton CPO," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com