Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Strategi CIMB Niaga Hadapi Perkembangan Bisnis "Fintech"

Kompas.com - 31/08/2016, 18:11 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Perkembangan usaha rintisan (startup) yang memanfaatkan teknologi untuk menyediakan layanan keuangan atau Fintech membuat perbankan harus lebih kreatif dalam menyalurkan kredit.

"Teknologi tidak bisa kita hindari," ujar Direktur Treasury and Capital Market CIMB Niaga John Simon di Jakarta, Rabu (31/8/2016).

John menuturkan, untuk menghadapi persaingan dengan fintech, pihaknya harus tetap fokus pada produk-produk yang sekarang sudah ada. Karena, nasabah sudah familiar dan sudah memiliki kepercayaan terhadap produk-produk yang ada tersebut.

"Kita lebih mempertahankan diri dengan produk-produk yang sudah ada. Yang penting kepercayaan masyarakat sudah ada," tandas John.

Pihaknya tak menutup kemungkinan jika fintech ingin melakukan kerjasama dengan bank untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan ke masyarakat dengan bunga yang kompetitif.

"Kita open kalau mereka (startup) mau berkolaborasi, kita menginginkan ada kerjasama," ucapnya.

Bahkan menurut John, belum lama ini pihaknya mengundang startup-stratup yang sudah cukup dikenal di masyarakat untuk membagikan ide-ide kreatifnya yang nantinya akan turut mengembangkan sektor perbankan.

"Kita belum lama ini menggundang Modalku.com, GoJek dan startup-startup lain, kami sudah minta ide-ide mereka." pungkas John.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com