Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu Data Inflasi BPS, IHSG Tertekan 0,43 Persen

Kompas.com - 01/09/2016, 09:27 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pantauan data RTI pukul 09.11 WIB memperlihatkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan 0,43 persen ke level 5.362,85 pada pembukaan perdagangan saham Kamis (1/9/2016).

Para pelaku pasar menunggu rilis inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai apakah inflasi terkendali atau tidak.

IHSG juga tertekan akibat sentimen penurunan bursa global. Bursa global pada penutupan perdagangan saham pagi ini tertekan akibat penurunan harga minyak mentah dunia. Selain itu, pelaku pasar juga menunggu data ketenagakerjaan di AS dan data manufaktur di China.

Pada perdagangan yang berakhir pagi tadi, di Wall Street AS, Indeks Dow Jones ditutup turun 0,29 persen, indeks S&P ditutup turun 0,24 persen dan indeks Nasdaq Composite turun 0,19 persen.

Di Eropa, indeks FTSE 100 turun 0,58 persen sedangkan di Asia, indeks Nikkei ditutup naik 0,05 persen sedangkan indeks Hang Seng turun 0,35 persen.

Dengan melemahnya IHSG, menekan kenaikan IHSG dalam satu bulan, sehingga terkoreksi turun 0,19 persen. Untuk kenaikan IHSG selama seminggu juga terkoreksi turun 0,76 persen.

Pada sesi pembukaan hari ini, sebanyak 57 saham dibuka naik, 103 saham dibuka turun dan 73 saham dibuka tetap. Semua sektor pendukung bursa dibuka turun, setelah pada sesi penutupan di rabu (31/8/2016) semuanya ditutup naik.

Kompas TV Inflasi Turun karena Harga Pangan Terkendali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com