Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengusaha Pipa Rokok Ini Tidak Takut "Gulung Tikar" meski Harga Rokok Rp 50.000

Kompas.com - 01/09/2016, 10:30 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Bagi pecandu perokok, once adalah bagian yang tidak terpisahkan. Karena once atau pipa rokok, diyakini bakal membuat cita rasa rokok kala dihisap, semakin bertambah nikmat.

Namun saat harga rokok ditengarai bakal naik menjadi Rp 50.000 per bungkus, karena kebijakan pemerintah untuk menaikkan cukai rokok, Nurhaidi Faqih (46) yang merupakan pengerajin once, tidak takut jika usaha yang digelutinya bakal gulung tikar.

“Untuk awal-awal penerapan kebijakan itu, pasti sedikit akan berimbas kepada penjualan once. Namun itu saya prediksi tidak berlangsung lama, karena saya yakin para pecandu rokok dan penggemar once khususnya, tetap akan berburu once,” tutur Nurhaidi, Rabu (31/8/2016).

Menurut dia, penggemar once, bukan sekedar pecandu rokok saja, tapi lebih dari itu. Mereka itu kelompok khusus, yang memang menginginkan kenikmatan cita rasa dalam menghisap per batang rokok.

Saat ini, pemerintah memang tengah menggodok dan terus berkonsultasi dengan berbagai pihak, untuk menaikkan cukai rokok. Di mana ada kemungkinan, satu bungkus rokok bakal seharga Rp 50.000 atau malah lebih.

“Meski harga rokok naik, saya yakin para pecandu rokok tidak akan berhenti begitu saja dari aktivitas merokoknya. Hanya mungkin intensitasnya bakal dikurangi,” ujar Nurhaidi.

Dengan kondisi tersebut, Nurhaidi optimistis, kondisi kenaikan harga rokok yang saat ini sedang dalam kajian pemerintah, tidak akan membuat usaha yang digelutinya dalam beberapa tahun terakhir tersebut bakal gulung tikar.

“Namun sebagai pelaku usaha di dunia yang berhubungan dengan rokok, saya tetap berharap, pemerintah dapat mengkaji secara matang kenaikan itu. Karena tidak saja pengerajin once, tapi semua bidang usaha yang berhubungan dengan rokok pasti akan terimbas,” kata Nurhaidi.

Bersama dengan para mitra binaan Semen Indonesia yang lain, usaha Nurhaidi turut serta memamerkan hasil kerajinannya dalam Semen Indonesia Expo 2016, yang telah berlangsung mulai Selasa (30/8/2016) hingga 3 September 2016 mendatang. Di mana agenda ini, dipusatkan di Wisma Ahmad Yani, Gresik.

Kompas TV Komisi XI: Kami Tidak Akan Matikan Industri Rokok â?? Satu Meja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com