Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Penghematan, Pagu Anggaran Kemenperin 2017 Dipangkas Rp 222 Miliar

Kompas.com - 01/09/2016, 15:12 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggelar rapat kerja bersama Komisi VI DPR. Dalam rapat tersebut pagu anggaran Kemenperin pada 2017 dipatok sebesar Rp 2,94 triliun.

Sebelumnya Kemenperin mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 3,166 triliun. Namun demikian, anggaran tersebut dipangkas sebesar Rp 222 miliar.

Menteri Perindustrian (Mennperin) Airlangga Hartarto menjelaskan, dengan anggaran yang hanya didapat Rp 2,94 triliun, ada beberapa kegiatan yang sebelumnya telah direncanakan, belum dapat terpenuhi. Ini termasuk juga kegiatan tahun 2016 yang ditunda akibat pemotongan anggaran tahun 2016.

"Komisi VI dapat memahami anggaran Kemenperin tahun 2017 sesuai surat Kemenkeu, Kemenperin dapat potongan Rp 222 miliar sehingga pagu anggaran Rp 2,943 triliun untuk selanjutnya akan dibahas oleh Banggar DPR," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR Dodi Reza Alex Noerdin, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/8/2016).

Berdasarkan data Kemenperin, alokasi terbesar diberikan pada program pengembangan SDM industri dan dukungan manajemen sebesar Rp 976,7 miliar.

Anggaran terbesar kedua dialokasikan pada program percepatan penyebaran dan pemerataan pembangunan industri sebesar Rp 634,8 miliar.

Untuk alokasi anggaran terbesar ketiga dialokasikan pada program pengembangan teknologi dan kebijakan industri oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) sebesar Rp 564,5 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com