Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop Dorong Ekspor Melalui Gelaran Pasar Raya Indonesia di Belanda

Kompas.com - 01/09/2016, 22:06 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga akan melakukan kunjungan kerja ke Belanda untuk membuka Pasar Raya Indonesia yang diselenggarakan KBRI di Belanda, pada tanggal 2-4 September 2016.

Pasar Raya Indonesia akan memamerkan aneka produk dari Indonesia dengan peserta pameran adalah orang-orang Indonesia yang bermukim di Belanda.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta mengatakan, pameran tersebut menjadi ajang promosi bagi produk-produk Indonesia khususnya karya UKM mulai dari produk makanan, fashion, mebel dan produk kerajinan.

Menurut Wayan, penyelenggaraan Pasar Raya Indonesia tahun lalu cukup berhasil, meraih jumlah pengunjung hingga 8.000 orang.

Dia menuturkan, pada gelaran tahun ini pemerintah menargetkan adanya peningkatan ekspor produk UKM Indonesia ke Belanda.

"Pameran merupakan cara tepat sebagai wadah promosi. Pada pameran diagendakan juga pertemuan Menkop dengan para konsultan UKM di Belanda untuk mendapatkan masukan terhadap peningkatan pasar produk UKM Indonesia di Belanda dan Eropa. Menkop mengharapkan terjadi peningkatan ekspor ke Belanda, mengingat belakangan ini ekspor sedang lesu," ujar Wayan di Jakarta, Kamis (1/9/2016).

Wayan manambahkan, Menkop juga ingin memperkenalkan kopi Indonesia pada pameran tersebut.

"Kopi nusantara, dari Aceh, Lampung, Bali, NTT, dan daerah lainnya akan diperkenalkan di sana. Bahkan Menkop secara khusus akan melayani dan meracik sendiri kopi Indonesia kepada tamu-tamu asing. Menteri ingin menunjukkan kopi Indonesia adalah salah satu kopi terbaik di dunia," jelas Wayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com