Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Terkejut Lihat Kapasitas Pelabuhan Dwikora Pontianak

Kompas.com - 03/09/2016, 06:49 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke Pelabuhan Dwikora Pontianak dan Bandar Udara Supadio Kalimantan Barat, Jumat (2/9/2016).

Tiba pukul 18.00 WIB di Bandara Supadio, Menhub langsung menuju pelabuhan Dwikora Pontianak.

Dengan menggunakan kemeja batik cokelat dan celana hitam Menhub melihat sarana dan prasarana pelabuhan Pontianak, mulai dari port dermaga hingga ruang kontrol operasional pelabuhan.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II ini menyatakan rasa terkejutnya terkait keberadaan pelabuhan Dwikora Pontianak yang berada diatas sungai namun memiliki kapasitas yang besar.

"Saya surprise, pelabuhan di sungai tetapi kapasitasnya cukup besar," ujar Menhub di Pelabuhan Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat malam (2/9/2016).

Dia menambahkan, pelabuhan Dwikora Pontianak sangat penting dalam rencana pemerintah membangun koneksivitas pelabuhan di Indonesia melalui kebijakan tol laut.

"Logistik itu sangat penting. Oleh karenanya, saya melihat bahwa Pontianak ini sangat penting untuk Indonesia bagian barat karena berada di perbatasan," tegas Menhub.

Pelabuhan Dwikora Pontianak merupakan pelabuhan yang terletak di tepi sungai Kapuas yang dioperasikan oleh PT Pelindo II.

Di pelabuhan ini, singgah kapal-kapal pengangkut komoditas perkebunan, kehutanan, sektor pertambangan serta industri pengolahan bahan mentah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com