Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub: Pengendalian Arus Mudik Idul Adha Dilakukan Sejak Cikarang

Kompas.com - 04/09/2016, 22:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Beroperasinya jalan tol Cikopo-Palimanan hingga Brebes Timur mendorong animo lebih banyak masyarakat untuk merayakan hari besar di kampung halaman.

Tak ingin kecolongan seperti kejadian pada musim Lebaran 2016, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatur pengendalian arus mudik Idul Adha tahun ini dilakukan mulai dari Jakarta.

Budi mengakui, masih terbatasnya fasilitas menjadi salah satu faktor pertimbangan pengaturan arus kendaraan di tol tersebut.

"Dari observasi yang kami lakukan, masih ada keterbatasan fasilitas. Oleh karenanya kami akan mengendalikan sejak Cikarang, Subang, Purwakarta, Palimanan, hingga Brebes," kata Budi saat inspeksi Brebes Timur Exit Tol, Minggu (4/9/2016).

Lebih jauh mantan bos AP II itu menjelaskan, pengaturan akan dilakukan di pintu sebelum pintu exit yang mengalami penumpukan kendaraan. Misalnya, kata dia, apabila di Brexit antrean kendaraan sudah mengular lima kilometer, maka pengendalian akan dilakukan di Palimanan.

Begitu juga dengan Majalengka, apabila sudah merayap sepanjang lima kilometer, maka pengendalian akan dilakukan di Subang.

Budi menambahkan, pemerintah dan instansi terkait akan memanfaatkan seluruh kanal informasi yang ada untuk menyebarkan kondisi terkini pada masyarakat pemudik.

"Brebes ini belum ada penambahan berarti setelah Lebaran. Oleh karenanya, maaf, kami harus mengendalikan lalu lintas dengan skenario yang disampaikan," ucap Budi.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Agung Budi Maryoto mengusulkan, kendaraan yang masuk dari Brebes Timur dan keluar di Brebes Barat digratiskan dari tarif tol. Dengan penggratisan ini diharapkan bisa sedikit mengurangi kepadatan kendaraan di Pantura dan Brexit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com