Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementan Diminta Tidak Hanya Fokus Tanam Padi, Jagung, Kedelai

Kompas.com - 05/09/2016, 18:31 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron mengatakan Kementerian Pertanian seharusnya tidak hanya fokus pada produksi komoditas tertentu.

Menurutnya, ada banyak faktor yang harus diperhatikan guna terus meningkatkan kinerja sektor pertanian diantaranya penyediaan bahan pangan, kontribusi terhadap produk domestik bruto hingga penjaga tingkat inflasi adalah tanggung jawab sektor agrikultural.

"Sejauh ini dari produksi bagus, tetapi kalau dari segi ekstensifikasi, itu masih kurang dan seharusnya menjadi sorotan," ujar Wakil Komisi IV DPR RI Herman Khaeron, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (5/9/2016).

Herman menambahkan, ada lahan hutan tanaman industri milik kementerian kehutanan yang seharusnya dapat dimaksimalkan untuk lahan pertanian dan perkebunan.

"Setidaknya ada 30 juta hektar (ha). Ada peluang untuk ditanami. Jangan melulu cetak sawah atau perluasan lahan, sementara yang ada tinggal pakai tidak dimanfaatkan," tegasnya.

Dia meminta, Kementan untuk lebih komprehensif dalam menerapkan kebijakan perluasan lahan. Pasalnya, lanjut Herman, banyak upaya perluasan yang akhirnya tidak dapat digunakan dengan maksimal.

“Itu terjadi karena dalam prosesnya dilakukan dengan sporadis, tidak menggunakan detail desain dan kajian fungsi kawasan yang mendalam. Saya yakin kalau diaudit secara sungguh-sungguh pasti akan ada banyak masalah yang terkuak,” papar Herman.

Herman juga menanyakan kebijakan Kementan terlalu fokus pada padi, jagung dan kedelai (pajale) hingga mengorbankan sektor komoditas lain demi mengedepankan program pajale. “Apakah pertanian hanya pajale saja?" tanya Herman.

“Ada proyeksi baru terhadap produksi jagung sehingga mengurangi anggaran komoditas lain. Kalau hanya itu yang diprioritaskan, nanti di masa mendatang tanaman hortikultura tidak ada, ayam tidak ada, komoditas lain tidak ada” pungkas Herman.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementan Hari Priyono mengatakan, pihaknya tengah fokus pada komoditas utama seperti pajale karena merupakan bahan pangan yang memiliki pengaruh besar terhadap inflasi.

“Saat ini kan fokusnya stabilisasi pangan, maka yang berkaitan dengan itu, yang bisa menimbulkan inflasi tinggi, kita prioritaskan,” ungkap Hari.

Sementara terkait lahan kehutanan yang diminta Komisi IV untuk dimaksimalkan, Hari menyebutkan Kementan sudah melakukan hal tersebut.

“Kami sudah optimalkan lahan-lahan milik Perum Perhutani yang ada di daerah perhutanan. Kami kembangkan untuk pengembangan jagung. Jika Komisi IV mengusulkan penanaman di daerah lainnya yang juga memiliki potensi, jelas kami sangat mendukung hal itu,” tandasnya.

Kompas TV Mendag dan Menpan Blusukan ke Pasar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com