Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

G-20 Waspadai Peningkatan Kesenjangan Pendapatan

Kompas.com - 06/09/2016, 05:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN Money

HANGZHOU, KOMPAS.com — Para pemimpin negara G-20 mewaspadai kemungkinan terjadinya risiko peningkatan kesenjangan pendapatan. Jika hal ini terjadi, manfaat pertumbuhan tidak akan dirasakan secara merata dalam tataran ekonomi global.

Dalam pertemuan tingkat tinggi G-20 di Hangzhou, China, Presiden AS Barack Obama menyoroti hal tersebut. 

Obama menyoroti banyaknya keluarga dan pekerja yang merasa bahwa ekonomi tidak berpihak kepada mereka. Untuk itu, G-20 harus lebih banyak bertindak untuk meningkatkan upah dengan cepat, mengurangi kesenjangan dengan cepat, memberikan kesempatan bagi semua masyarakat, serta menjamin keamanan dalam kondisi ekonomi yang berubah.

"Ini harus dikedepankan oleh G-20, memastikan bahwa manfaat tren globalisasi dan kemajuan teknologi dibagi secara meluas kepada lebih banyak pekerja dan keluaga,” ujar Obama seperti dikutip dari CNN Money, Selasa (6/9/2016).

Permasalahan mengenai kesenjangan pendapatan bukan perkara baru. Masyarakat berpendapatan rendah dengan keterampilan dan kualifikasi rendah merupakan pihak yang dianggap bertanggung jawab sosok di balik voting keluarnya Inggris dari keanggotaan Uni Eropa.

Sementara itu, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyebut, obat paling mujarab untuk mengatasi kesenjangan ini adalah adanya kesadaran dari pemimpin dunia untuk memikirkan pertumbuhan yang seimbang dan setara.

“Negara-negara harus memiliki perangkat guna mengurangi kesenjangan yang berlebihan dan meningkatkan prospek ekonomi, khususnya bagi masyarakat dan pekerja berpendapatan rendah,” ujar Lagarde. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com