Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Aksi Ambil Untung, IHSG Dibuka Bergerak Bervariasi

Kompas.com - 08/09/2016, 09:29 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka bervariasi pada pembukaan perdagangan saham Kamis (8/9/2016). IHSG dibuka di jalur hijau di 5.383,06. Namun berselang satu menit, IHSG turun ke level terendah di 5.377,88.

Dari data RTI, pada pembukaan perdagangan saham hari ini sebanyak 57 saham dibuka naik, 28 saham dibuka turun dan 85 saham dibuka tetap.

Aksi ambil untung mewarnai pembukaan bursa, dengan jumlah investor asing yang melepas portofolionya mencapai Rp 1 miliar di semua papan perdagangan.

Aksi ambil untung ini bisa jadi salah satu penekan pergerakan IHSG hari ini, sebab perdagangan saham akan memasuki masa libur panjang Idul Adha.

Tekanan dari perdagangan saham global cenderung landai. Di bursa Amerika Serikat (AS), investor cenderung menunggu rapat dewan gubernur bank sentral AS The Fed pada pertengahan September mendatang. Rapat tersebut kemungkinan akan memaparkan apakah suku bunga acuan AS akan naik atau tidak.

Bursa AS di Wall Street pada perdagangan pagi ini ditutup cenderung flat, namun dengan kenaikan di indeks Nasdaq. Indeks Dow Jones tercatat turun 0,06 persen. Indeks S&P 500 tercatat turun 0,01 persen sementara Nasdaq Composite naik 0,15 persen.

Pada Rabu (7/9/2016) IHSG ditutup naik sembilan poin atau naik 0,17 persen ke level 5.381,35.

Nilai transaksi di pasar reguler sebesar Rp 5,2 triliun didukung rebound dari saham perbankan ditengah optimisme pertumbuhan kredit yang masih sesuai target hingga akhir 2016.

Sebanyak empat sektor mengalami kenaikan dipimpin sektor pertambangan sementara lima sektor mengalami penurunan dipimpin sektor industri dasar.

Kompas TV Otoritas Bursa Dorong Perusahaan Makin Transparan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com