Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut PON 2016, Pos Indonesia Terbitkan 50.000 Perangko Tematik

Kompas.com - 09/09/2016, 15:53 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Sebanyak 50.000 lembar perangko tematik Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 diterbitkan.

Perangko tersebut bermotif 12 cabang yaitu gantole, terjun payung, para layang, soft ball, sepak bola, lari atletik, bulu tangkis, senam, karate, renang, dayung, perahu layar.

Vice President Konsinyasi dan Filateli PT Pos Indonesia, Munawar Ainy menjelaskan, peluncuran ini tidak hanya sebatas pada penjualan dan sosialisasi PON untuk masyarakat. Namun, diterbitkan untuk memiliki nilai koleksi bagi masyarakat maupun kolektor.

"Produksinya terbatas, untuk perangko kita terbitkan sebanyak 50.000. Kami jadikan ini sebagai valueable collection. Kita beri kesempatan kepada masyarakat untuk mempunyai koleksi filateli," ujar Munawar di Bandung, Jumat (9/9/2016).

Menurutnya, PON 2016 merupakan hajatan olahraga tiap empat tahun sekali sehingga harus membekas di benak masyarakat. Karena itu, perangko ini tidak hanya diprioritaskan untuk pengiriman surat.

"Event ini langka, kebetulan terjadinya di Jawa Barat. Ada nilai seni yang kita tampilkan, meski bentuk kecil tapi menarik sehingga bisa dikoleksi," ujarnya.

Masyarakat dan kolektor bisa mendapatkan perangko tematik ini dengan datang ke kantor Pos setempat dan via online dengan mengakses www.filateli.co.id serta galeri POS dengan harga Rp 3.000 per item.

"Ini tersedia untuk skala Nasional, kita jual di 19 kantor di Indonesia dan 17 kantor pos di Jawa Barat dan kebetulan tuan rumahnya di sini, kewenangannya ada di Jawa Barat. Kita gak mungkin produksi besar - besaran," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com